Oleh: pandupy | Desember 22, 2009

WEB dan BROWSER

WEB dan BROWSER

3.1 Pengertian Penjelajah web
Penjelajah web, disebut juga sebagai perambah atau peramban, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan olehserverweb.
Penjelajah web yang populer adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Penjelajah web adalah jenis agen pengguna yang paling sering digunakan. Web sendiri adalah Kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web.

3.2 Sejarah Penjelajah web
Penjelajah web pertama kali berbasis teks, seperti halnya Lynx yang populer hingga sekarang, karena memang sistem dengan antarmuka grafis belum umum digunakan pada saat itu. Baru setelah sistem berbasis grafis mulai banyak digunakan, seorang mahasiswa bernama Marc Andressen di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat, membuat sebuah penjelajah web berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem operasi Windows dan UNIX (berbasis Motif).
Penjelajah web tersebut dinamai Mosaic. Selanjutnya, setelah lulus dari universitas, Marc ditawari oleh Jim Clarc, salah seorang petinggi Silicon Graphics Incorporated (SGI), untuk membuat perusahaan dengan nama Mosaic Communication, yang kemudian berubah menjadi Netscape Communication.
Marc membuat sebuah penjelajah web populer pertama yang digunakan oleh umum, yang disebut dengan Netscape Navigator. Pada saat pengembangannya, Navigator memiliki nama kode Mozilla. Navigator merupakan penjelajah web komersial, akan tetapi seiring dengan waktu akhirnya Navigator pun menjadi dapat diperoleh secara gratis. Sementara itu, penjelajah web Mosaic yang gratis tidak diteruskan lagi pengembangannya, dan diserahkan kepada NCSA (National Computing for Supercomputer Application). Karena NCSA tidak memiliki izin untuk mengomersialkan produk Mosaic, NCSA akhirnya menjual Mosaic kepada Spyglass, yang akhirnya membuat Mosaic menjadi penjelajah web komersial.
Microsoft, yang terlambat turun di pasar penjelajah web, pun membeli lisensi Mosaic dari Spyglass, sehingga pada akhirnya merilis produk penjelajah web-nya, yang disebut sebagai Internet Explorer. Dengan dirilisnya Internet Explorer, muncullah perang besar antara web browser populer, yakni antara Netscape Navigator, dan Microsoft Internet Explorer.

3.3 Fitur web
Penjelajah web bisa dibedakan lewat fitur-fitur yang mereka dukung. Browser modern dan halaman web biasanya menggunakan banyak fitur dan teknik yang tidak ada pada masa-masa awal web. Disebabkan adanya perang penjelajah web, fitur-fitur Web dan penjelajah web semakin cepat dikembangkan.
Berikut daftar beberapa elemen dan fitur-fitur tersebut:
• ActiveX
• Autocompletion (Pengisian otomatis) URL dan formulir data
• Bookmark untuk mengikuti lokasi yang sering diakses
• Cascading Style Sheet (CSS)
• Cookie yang membolehkan sebuah website untuk mengetahui seorang pengguna lama
• Web cache – Halaman web “disimpan” dalam memori ketika kita membukanya agar dapat diakses lagi walaupun sedang offline
• Digital certificate (Sertifikat Digital)
• DHTML
• Pemuatan gambar menggunakan format gambar yang sudah terkenal seperti GIF, PNG, JPEG, SVG
• Flash
• Favicon
• Font, ukuran, warna
• Formulir untuk mengirimkan informasi
• Frame dan IFrames
• Gambar
• HTTPS
• Integrasi dengan aplikasi desktop lainnya
• Offline browsing terhadap isi web yang sudah dicache terlebih dahulu
• Java applet
• JavaScript untuk isi yang lebih dinamis
• Pengaturan Download
• Penyaringan iklan (Ad filtering)
• Plug-in
• Sejarah kunjungan ke halaman-halaman web terakhir
• Session management
• Tabbed browsing
• Tabel
• XHTML dan XML

“Small-Screen Rendering” (“penampilan pada Layar-Kecil”) dari Opera adalah suatu cara memformat ulang halaman web agar dapat masuk ke dalam layar yang kecil, misalnya dalam sebuah ponsel, sekaligus operasi gulung (scroll) horisontal tidak diperlukan lagi.

3.4 Pengertian Browser
Browser dikenal juga dengan istilah browser, atau peselancar, atau internet browser. Adalah suatu program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatu komputer. Dua program web browser yang cukup populer saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Program browser pertama adalah Mosaic, yang merupakan suatu text browser, yang sekarang web browser telah berkembang ke dalam bentuk multimedia.Sebuah web browser adalah aplikasi perangkat lunak untuk mengambil, menampilkan, dan sumber-sumber informasi melintasi di World Wide Web. Sebuah sumber informasi yang diidentifikasi oleh sebuah Uniform Resource Identifier (URI) dan mungkin suatu halaman web, gambar, video, atau potongan lainnya konten. Hyperlinks hadir dalam sumber daya memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menavigasi browser mereka ke sumber daya yang terkait.Walaupun browser ini terutama ditujukan untuk mengakses World Wide Web, mereka juga dapat digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh Web server dalam jaringan pribadi atau file dalam sistem berkas.

3.5 Sejarah Browser
Sejarah web browser tanggal kembali ke akhir 1980-an, ketika berbagai teknologi meletakkan dasar untuk browser web pertama, WorldWideWeb, oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Browser yang menghimpun berbagai yang ada dan baru teknologi perangkat lunak dan perangkat keras. Pengenalan web browser NCSA Mosaic pada tahun 1993 – salah satu web browser grafis pertama – menyebabkan ledakan di web digunakan. Marc Andreessen, pemimpin tim Musa di NCSA, segera memulai perusahaan sendiri, bernama Netscape, dan dilepaskan Musa-dipengaruhi Netscape Navigator pada tahun 1994, yang dengan cepat menjadi dunia browser paling populer, terhitung 90% dari semua web yang digunakan pada puncaknya (lihat pangsa penggunaan web browser).

3.6 Macam-macam Browser
• Internet Explorer
Microsoft menanggapi dengan browser Internet Explorer pada tahun 1995 (juga sangat dipengaruhi oleh Musa), memulai industri browser pertama perang. Oleh bundling Internet Explorer dengan Windows, Microsoft dapat meningkatkan dominasinya di pasar sistem operasi untuk mengambil alih pasar browser web; Internet Explorer berbagi penggunaan memuncak di lebih dari 95% pada tahun 2002. Internet Explorer memiliki 65% penggunaan browser berbagi per Oktober 2009 menurut Net Applications.
• Opera
Opera debutnya pada tahun 1996, meskipun belum pernah dicapai digunakan secara luas, memiliki 2% pangsa penggunaan browser pada Oktober 2009, ini memiliki pangsa substansial yang tumbuh cepat ponsel pasar browser web, yang terinstal pada lebih dari 40 juta ponsel . Hal ini juga tersedia di beberapa embedded system, termasuk Nintendo Wii video game konsol.
• Mozilla Foundation
Pada tahun 1998, Netscape diluncurkan apa yang kemudian menjadi Mozilla Foundation dalam usaha untuk menghasilkan browser kompetitif dengan menggunakan perangkat lunak open source model. Browser yang pada akhirnya akan berkembang ke dalam Firefox, yang mengembangkan berikut terhormat sementara masih dalam tahap beta pembangunan; lama setelah merilis Firefox 1.0 pada akhir 2004, Firefox (semua versi) menyumbang 7,4% dari penggunaan browser. Sebagai Oktober 2009, Firefox memiliki 24% penggunaan berbagi.
• Apple Safari
Apple Safari mempunyai rilis beta pertama pada bulan Januari 2003; per Oktober 2009, ia memiliki pangsa dominan Apple berbasis web browsing, terhitung hanya 4% dari seluruh pasar browser. [4] Its mesin rendering, yang disebut WebKit, juga berjalan di browser standar ponsel beberapa platform, termasuk iPhone OS, Google Android, Nokia S60 dan Palm WebOS.
• Browser Google Chrome
Yang paling baru peserta utama untuk pasar browser Google Chrome berbasis WebKit, pertama kali dirilis pada September 2008. Pada Oktober 2009, ia memiliki 4% penggunaan berbagi. Tujuan utama dari web browser adalah untuk membawa sumber-sumber informasi kepada pengguna.
Proses ini dimulai ketika pengguna masukan sebuah Uniform Resource Identifier (URI), misalnya http://en.wikipedia.org/, ke browser. Awalan dari URI URI menentukan bagaimana akan ditafsirkan. Yang paling sering digunakan jenis http:and URI dimulai dengan mengidentifikasi sumber daya yang akan diambil alih Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Banyak browser juga mendukung berbagai awalan lain, misalnya https: untuk HTTPS, ftp:for File Transfer Protocol, dan file: file lokal. Awalan bahwa web browser tidak dapat secara langsung menangani sering diserahkan ke aplikasi lain sama sekali. Sebagai contoh, mailto: URI biasanya dilewatkan ke default pengguna aplikasi e-mail, dan berita: URI yang diberikan kepada pengguna newsgroup default pembaca.
Dalam kasus http, https, file, dan lain-lain, setelah sumber daya telah diambil web browser akan menampilkannya. HTML akan diteruskan ke browser layout engine untuk diubah dari markup untuk dokumen interaktif. Selain dari HTML, web browser yang umumnya dapat menampilkan berbagai jenis konten yang dapat menjadi bagian dari suatu halaman web. Kebanyakan browser dapat menampilkan gambar, audio, video, dan XML file, dan sering mempunyai plug-in untuk mendukung aplikasi Flash dan Java applet.
Setelah bertemu file dari jenis yang tidak didukung atau file yang telah diatur untuk di-download daripada yang ditampilkan, browser mendorong pengguna untuk menyimpan file ke disk. Sumber informasi dapat berisi hyperlink ke sumber informasi lain. Setiap link berisi URI sumberdaya untuk pergi ke. Bila link diklik, browser menavigasi ke sumber link yang ditunjukkan oleh URI target, dan proses membawa konten ke pengguna dimulai lagi.

3.7 Perbandingan antara browser dan web
Web browser yang tersedia berkisar fitur dari minimal, pengguna berbasis teks antarmuka dengan telanjang-tulang dukungan untuk HTML untuk antarmuka pengguna yang kaya mendukung berbagai format file dan protokol. Browser yang mencakup komponen tambahan untuk mendukung e-mail, Usenet berita, dan Internet Relay Chat (IRC), kadang-kadang disebut sebagai “internet suite”daripada hanya “web browser”.
Semua web browser utama memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa sumber-sumber informasi pada saat yang sama, baik di jendela browser yang berbeda atau dalam tab yang berbeda, dari jendela yang sama. Mayor browser juga menyertakan pop-up blocker untuk mencegah jendela yang tidak diinginkan dari “muncul” tanpa persetujuan pengguna.
Kebanyakan browser web dapat menampilkan daftar halaman web yang telah bookmarked pengguna sehingga pengguna dapat dengan cepat kembali kepada mereka. Bookmark juga disebut “Favorit” di Internet Explorer. Selain itu, semua web browser utama memiliki beberapa bentuk built-in web feed aggregator. Di Mozilla Firefox, web feed yang diformat sebagai “Live Bookmarks” dan berperilaku seperti folder penanda yang sesuai dengan entri baru dalam feed. Dalam Opera, yang lebih tradisional termasuk pembaca feed yang menyimpan dan menampilkan isi feed .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: