Oleh: pandupy | Desember 22, 2009

Macam-macam bahasa pemrograman

Macam-macam bahasa pemrograman

4.1 Pengrtian Bahasa Pemrograman
Bagi anda yang bekerja dalam bidang web design pasti sudah tidak asing lagi dengan apa yang nama bahasa pemrograman.Bahasa pemrograman yang umum dikenal adalah php dan html.Tapi sebenarnya masih banyak bahasa pemrograman yang lain.
Berikut ini ada beberapa macam bahasa pemrograman yang perlu anda ketahui :

4.2 Jenis-jenis Pemrograman
1. Bahasa Pemrograman HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.

2. Bahasa Pemrograman PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini.PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).

3. Bahasa Pemrograman ASP
ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft.ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.

4. Bahasa Pemrograman XML
Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data.XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja.XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.

5. Bahasa Pemrograman WML
WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge).WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless.WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.

6. Bahasa Pemrograman PERL
Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.

7. Bahasa Pemrograman CFM
Cfm dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio.Syntax coldfusion berbasis html.

8. Bahasa Pemrograman Javascript
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client.JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape.Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.

9. Bahasa Pemrograman CSS
Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML.Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL.Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

10. Bahasa Pemrograman Quick basic
Microsoft QuickBasic (juga QB atau salah, “QBasic”, yang merupakan sistem yang berbeda) adalah sebuah Integrated Development Environment (atau IDE) dan compiler untuk bahasa pemrograman BASIC yang dikembangkan oleh Microsoft.QuickBasic berjalan terutama pada DOS, meskipun ada versi singkat untuk Mac OS.
Ini secara longgar didasarkan pada GW-BASIC, tetapi menambah tipe yang ditetapkan pengguna, meningkatkan struktur pemrograman, grafis dan disk lebih baik dukungan dan kompilator selain penerjemah. Microsoft dipasarkan QuickBasic sebagai tingkat pengantar untuk BASIC Professional Development System.
Esi terakhir dari QuickBasic adalah versi 4.5 (1988), walaupun pengembangan Microsoft BASIC Professional Development System (PDS) terus sampai rilis terakhir versi 7,1 pada Oktober 1990 (pada saat yang sama, kemasan QuickBasic diam-diam berubah sehingga disk menggunakan kompresi yang sama digunakan untuk DASAR PDS 7,1 ).
PDS Dasar versi 7.x IDE disebut QuickBasic Extended (QBX), dan hanya berlari di DOS, tidak seperti sisa PDS Dasar 7.x, yang juga berlari pada OS / 2. Penerus Dasar QuickBasic dan PDS adalah Visual Basic for MS-DOS 1.0, dikirim dalam versi Standar dan Profesional. Versi Visual Basic tidak termasuk versi DOS, seperti Microsoft berkonsentrasi pada Windows.
Sebuah subset dari QuickBasic 4.5, bernama QBasic, sudah termasuk dengan MS-DOS 5 dan versi, menggantikan GW-BASIC disertakan dengan versi sebelumnya MS-DOS. Dibandingkan dengan QuickBasic, QBasic terbatas hanya seorang juru bahasa, tidak memiliki beberapa fungsi, program hanya dapat menangani ukuran yang terbatas, dan tidak memiliki dukungan untuk modul program yang terpisah. Karena tidak memiliki compiler, itu tidak dapat digunakan untuk menghasilkan file executable, meskipun kode sumber program masih dapat dikompilasi oleh QuickBasic 4.5, PDS 7.x atau VBDOS 1,0 kompiler, jika tersedia.
Untuk Sistem Operasi Macintosh QuickBasic 1,00 diluncurkan pada 1988. Ini secara resmi didukung pada menjalankan Macintoshes Sistem 6 dengan lebih dari 1 MB RAM . QuickBasic juga bisa berjalan di bawah 7 Sistem sepanjang 32-bit pengalamatan telah dinonaktifkan (ini tidak mungkin dilakukan di LG Macintoshes berbasis 68.040).

11. Bahasa Pemrograman C++
C + + (dibaca “Lihat plus plus”) adalah sebuah statis diketik, free-form, multi-paradigma, dikompilasi, untuk keperluan umum bahasa pemrograman. Hal ini dianggap sebagai bahasa tingkat menengah, karena terdiri dari kombinasi keduanya tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah fitur. ini dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup dimulai pada tahun 1979 di Bell Labs sebagai perangkat tambahan pada bahasa pemrograman C dan awalnya bernama “C dengan Kelas”. Itu diubah namanya menjadi C + + pada tahun 1983. [2] C + + secara luas digunakan dalam industri perangkat lunak, dan tetap menjadi salah satu bahasa yang paling populer yang pernah dibuat. Beberapa dari domain mencakup sistem aplikasi perangkat lunak, perangkat lunak aplikasi, device driver, perangkat lunak tertanam, performa tinggi server dan aplikasi-aplikasi client, dan perangkat lunak hiburan seperti video game. Beberapa kelompok memberikan keduanya gratis dan kepemilikan C + + compiler perangkat lunak, termasuk GNU Project, Microsoft, Intel, Borland dan lain-lain. C + + ini juga digunakan untuk desain hardware, di mana desain awalnya digambarkan dalam C + +, kemudian dianalisis, arsitektur terkendala, dan dijadwalkan untuk menciptakan tingkat transfer register bahasa deskripsi perangkat keras tingkat tinggi melalui sintesis. Bahasa mulai sebagai tambahan ke C, pertama menambahkan kelas, maka fungsi virtual, operator overloading, pewarisan berganda, template, dan pengecualian penanganan di antara fitur-fitur lainnya. Setelah bertahun-tahun pembangunan, C + + bahasa pemrograman standar diratifikasi pada tahun 1998 sebagai ISO / IEC 14882:1998. Bahwa standar masih saat ini, tetapi tahun 2003 diubah dengan corrigendum teknis, ISO / IEC 14882:2003. Berikutnya versi standar (dikenal secara informal sebagai C + +0 x) adalah dalam pembangunan.

12. Bahasa Pemrograman Pascal
Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth di Zurich pada akhir 1960-an hingga awal 1970-an. Pascal merupakan bahasa pemrograman yang terstruktur, sehingga sering digunakan sebagai sarana awal untuk mempelajari teknik pemrograman komputer. Versi bahasa Pascal yang banyak dipakai adalah Turbo Pascal buatan Borland International yang bekerja di lingkungan sistem operasi DOS. Belakangan, Pascal juga dikembangkan sebagai bahasa pemrograman visual di lingkungan sistem operasi Windows dengan nama Delphi. Pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi. Pemrograman tingkat tinggi menandakan bahwa Pascal banyak menggunakan bahasa manusia dalam penulisan sintaksnya.Beberapa bahasa pemrograman tingkat tinggi lainnya yang ada yaitu BASIC dan DELPHI. Sedangkan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa pemrograman yang masih banyak menggunakan tanda-tanda sehingga bahasa ini cenderung lebih “kotor”. Beberapa bahasa pemrograman tingkat rendah yang sering digunakan adalah C, C++ dan Java.

13 Bahasa Pemrograman. JAVA
Java adalah bahasa pemograman yang berorientasi objek dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem oprasi.perkembangan java sekarang tidak hanya terfokus pada satu sistem oprasi,tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat open sorce.
KARAKTERISTIK DAN KELEBIHAN JAVA
1.Sederhana Java adalah suatu bahasa sederhana.
2.Berorientasi objek
3.Dapat didistribusi dengan mudah 4.kuat
5.Aman
6.Portabel
7.Multiplatform
8.MultiThread
9.Interpreter
10.Kinerja yang tinggi
11. Dinamis


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: